Penjara, apa kira-kira yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata penjara ? 4×4 ? jeruji besi ? kekerasan ? penyiksaan ? Mungkin iya dan benar, karena itu yang kita lihat di Tv selama ini, dan tidak jauh berbeda, bahkan lebih parah pada kenyataannya. Terlepas dari jenis keselahan yang dilakukan oleh si pelaku yang dipenjara, tapi kembali lagi dan tidak lupa bahwa dia pada dasarnya dalah Manusia. Manusia memiliki hak, bahkan jika iya bersalah, iya tetap memiliki haknya. Contohnya pada hukuman mati, orang tersebut memiliki hak untuk meminta permintaan terakhir, dan merupakan sebuah kewajiban negara/pengadilan/polisi untuk mengabulkan permintaan tersangka tersebut.

Ketika berbicara hak dan kewajiban, mari kita lihat apa yang sudah dilakukan oleh Penjara di Kopenhagen, Denmark. Anda mungkin tidak akan percaya bahwa penjara disana memiliki fasilitas Gym, Playstation, Minimarket, Rumah sakit, Musium, Perpustakaan, Gereja, workshop,  internet, tv cable, dll.

Bicara soal minimarket, barang-barang yang dijual sangatlah bervariasi, mulai dari daging, ice cream, bahkan shampo aroma kiwi dan orange. Untuk daging yang dijual terdapat daging bersertifikasi Halal. Jika dilihat dari ketersediaan daging halal ini, berarti tidaklah terdapat pembedaan agama, suku, atau ras bagi para narapidana, dan semuanya sama.

Ter-dapat kulkas, meja dan tempat tidur yang nyaman pada setiap sel. Fasilitas ini bukanlah untuk pejabat, tapi untuk semua penghuni penjara, dari mulai pencuri kelas rendah, hingga pemerkosa atau pedagang narkoba sekalipun. Semua narapidana memiliki sel-nya masing-masing dan tidak dicampur, serta mereka memiliki kunci kamarnya masing-masing.

Tadi saya sempat menyinggung soal mini market, mungkin anda akan bertanya, uang darimana ?. Para narapidana diwajibkan untuk bekerja di workshop dan dibayar sekitar 9 kroner($USD 1.56) per jam, saya ulangi sekali lagi per-jam. perlu diketahui bahwa workshop ini bukan seperti di negara-negara lain, dimana pekerjaan tersebut adalah memecahkan batu, atau membangun rel kereta api, tapi disesuaikan dengan kemampuan narapidana tersebut, misalnya berkebun atau kerajinan, dsb.

Soal makanan, para narapidana lah yang memasak sendiri sesuai selera mereka, bahan makanannya ya dibeli sendiri juga di mini market yang tersedia. dan jika terdapat sesuatu yang tidak terdapat di mini market tersebut, maka narapidana boleh mengusulkan agar barang tersebut dijual di mini market tersebut.

Mengenai hubungan narapidana dengan para polisi penjaga penjara tidak bisa anda bayangkan, mereka sudah seperti keluarga, tidak ada pemisah antara penjaga dengan narapidana dan bahkan sebagian memanggil salah satu penjaga perpustakaan dengan sebutan Mom(Ibu).

Jika anda masuk sebagai narapidana disana, anda akan mendapatkan sebuah buku mengenai hak-hak selama berada di penjara. dalam buku tersebut, terdapat point yang menjelaskan jika ada penjaga yang tidak bersikap baik terhadap narapidana, maka merupakan haknya untuk melaporkan kepada kepala penjara, dan biasanya penjaga tersebut langsung dipindahkan. Dan jika dalam dua minggu tidak terjadi perubahan, maka narapida tersebut boleh menuntut ke pengadilan.

Selain itu, keluarga narapidana yang berada di luar penjara, diberikan uang bulanan untuk kehidupan sehari-hari oleh pemerintah. Anda bisa bayangkan di Indonesia, jika sang ayah mencuri uang demi keluarganya, lalu di penjara, maka matilah keluarga itu karena tidak ada yang memberikan mereka uang. Tapi hal ini sangat berbeda di Kopenhagen, Keluarga narapidana mendapatkan gaji bulanan, sehingga keluarga yang ditinggalkan, tetap bisa hidup berkecukupan.

Pada tahun 2009, terdapat 3530 orang narapidana, dan hanya 20% persen saja yang setelah bebas kembali melakukan kasus hingga harus dipenjara kembali.

Saya sendiri bingung harus menjelaskan apa lagi, mungkin anda bisa langsung saja melihat foto-foto dibawah ini sebagai bukti :

besøgsbygning sabler kirkeskib celle-blf gaardhave til besoegsrum butik - blf dsc_0024 vh undersøgelse tandklinik_1 trapper_i_fløjen biblioteket besøgsrum_3 kirken besøgslokale butik motionscenter madvogn bes_11 bes_4 pf indendørs værksted_