Saya yakin anda semua sudah mengenal Adobe PDF yang biasa anda buka dengan aplikasi PDF Reader yaitu Adobe Acrobat Reader. Banyak orang hanya memanfaatkan teknologi PDF sebagai suatu format untuk e-book, jika anda masih beranggapan seperti itu, mmm KELAUT AJA DEH ! atau mungkin anda termasuk orang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi. hehehe, maaf.

Adobe PDF schema mengizinkan anda untuk membuat aplikasi, form, calculation, bahkan BarCode. ya ini tidak bohong loch. Tool yang digunakan adalah Adobe LiveCycle Designer. Sebenarnya saya sudah tau dari 2 tahun yang lalu, namun baru ingat untuk membuat cuplikan kecil mengenai tool ini setelah melihat-lihat isi Program Files yang ada di Laptop milik ibu saya.

Adobe Cs4 Master Collection

Adobe Cs4 Master Collection

Terdapat satu buah aplikasi bernama Adobe LiveCycle Designer, OK, mari kita buka . . . . .

Adobe Livecycle Designer ES

Adobe Livecycle Designer ES

Saya rasa Adobe LiveCycle Designer, termasuk aplikasi yang mudah dipelajari karena anda hanya tinggal mendrag component yang anda inginkan dan kemudian merubah nilai attributnya, kecuali satu, yaitu script untuk programmingnya. Pdf Scheme cukup familiar bagi anda yang sudah terbiasa dengan XML, anda hanya tinggal mempelajari FormCalc atau JavaScript untuk programming language-nya.

Kita lihat XML schema yang dihasilkan untuk sebuah component Drop Down List :

<field name=”DropDownList1″ y=”3.175mm” x=”6.35mm” w=”62mm” h=”9mm”>
<ui>
<choiceList>
<border>
<?templateDesigner StyleID aped3?>
<edge stroke=”lowered”/>
</border>
<margin/>
</choiceList>
</ui>
<font typeface=”Myriad Pro”/>
<margin topInset=”1mm” bottomInset=”1mm” leftInset=”1mm” rightInset=”1mm”/>
<para vAlign=”middle”/>
<caption reserve=”25mm”>
<font typeface=”Myriad Pro”/>
<para vAlign=”middle”/>
<value>
<text>Pilihan Hari</text>
</value>
</caption>
<items save=”1″>
<text>Senin</text>
<text>Selasa</text>
<text>Rabu</text>
<text>Kamis</text>
<text>Jumat</text>
<text>Sabtu</text>
<text>Minggu</text>
</items>
</field>

Ya, asik banget kan. . .

Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini, ternyata anda tidak usah lagi membuang waktu untuk membuat program dengan bahasa pemrograman tertentu seperti JAVA atau Visual Basic, karena anda cukup mendesain aplikasi yang anda inginkan, kemudian memberikannya sedikit bumbu masak, dan eng ing eng, jadilah masakan yang anda inginkan.

Adobe Livecycle Designer - Preview Pdf

Adobe Livecycle Designer - Preview Pdf

Tekhnologi PDF saat ini sudah mampu untuk membuat aplikasi, form, dsb, membuat banyak perusahaan diluar negeri merubah teknologi mereka untuk beberapa aplikasi kecil, seperti Registration Form yang selama ini mereka buat menggunakan HTML, kini menjadi PDF. dikarenakan kemampuan PDF saat ini yang sudah melebihi kemampuan HTML.

Silahkan download file yang sudah saya buat untuk membuktikan bahwa PDF sudah tidak lagi sekedar format E-Book. Download Disini dan disini