Artikel ini saya buat sebagai dedikasi untuk teman-teman saya yang menjadi korban pencemaran nama baik oleh para pembuat malware dan semua yang telah di rugikan karena phishing di Facebook. Pernahkah anda melihat teman anda chating namun seperti aneh dan bukan kebiasaannya untuk menuliskan chat seperti itu, contoh …
Facebook Chat Malware

Ya, bahkan pengirim chat itupun tidak merasa pernah menulis seperti itu. Lalu siapa yang menulis ? Viruskah ? atau mungkin Hantu ?. Bukan virus, melainkan sebuah code program biasa yang berisi malware. Menurut Wikipedia, Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik.

Tolong garis bawahi kalimat “tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik”, Bagaimana jadinya bila anda ternyata memberikan izin terhadap software/program tersebut ?, Hal ini jelas ketika pertama kali anda menyetujui program ini melakukan aksinya.Pada Facebook terdapat suatu permission/izin untuk setiap aplikasi yang dikembangkan menggunakan Facebook API, silahkan baca artikel saya sebelumnya disini. Setiap aplikasi pada facebook akan meminta izin kepada para pemakainya sebelum dapat melakukan/menggunakan hak yang anda berikan. Izin atau Permission yang saya maksud disini adalah untuk mengakses data dan fitur yang telah di sediakan oleh Facebook API.

Facebook Permission
pada saat artikel ini dibuat, terdapat 37 permission pada facebook, silahkan liat disini. Misalkan jika kita membuat aplikasi pengelola event, dimana penggunanya dapat mengedit langsung eventnya melalui aplikasi, maka user perlu memberikan izin create_event dan rsvp_event pada aplikasi, yang kemudian aplikasi dapat menggunakan hak yang diberikan oleh user(dapat berupa data, akses, dll, sesuai izin yang anda berikan). Namun sayangnya izin ini dapat disalah gunakan oleh aplikasi, misalnya untuk membuat event sex party dan mengundang seluruh teman dalam friend list di facebook. Hal ini pernah terjadi kepada teman saya, dia menghabiskan waktu 1 minggu untuk memperbaiki reputasinya. Bayangkan jika anda memberikan izin sms ? Event sex party tadi bisa mengirimkan sms undangan kepada seluruh teman anda, ditambah izin publish_stream wall anda akan penuh dengan kata-kata ‘sex’.

Aplikasi meminta izin kepada anda pada saat pertama kali anda mengakses, berikut contohnya …
Facebook Permission

Mulai saat ini jangan sembarangan memberikan permission kepada aplikasi yang berada pada facebook !, Baca dan perhatikan terlebih dahulu apakah aplikasi yang akan anda gunakan, apakah aplikasi resmi dari developer yang bersangkutan atau bukan. Lalu bagaimana bagi facebook user yang sudah memberikan permission kepada aplikasi ?, silahkan buka http://www.facebook.com/settings/?tab=applications, berikut list aplikasi yang terdapat pada facebook saya…
Apps on Facebook

Jadi solusinya adalah Silahkan remove aplikasi yang menurut anda aneh(permissionnya tidak sesuai aplikasi, namanya aneh, dll) dan tidak layak ada. Berikut contoh aplikasi yang aneh yang pernah saya gunakan difacebook…
Apps on Facebook yang aneh

Semoga dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada semua yang membaca, Jika artikel ini membantu bagi anda, silahkan sebarkan link blog ini dan add facebook saya di http://www.facebook.com/ahmadfathihadi dan jadilah user yang baik :)

Bonus!!!
Saya akan memberikan beberapa link berguna bagi anda yang mengalami masalah facebook security seperti password anda di rubah( biasa disebut oleh 4L@y “f4c3B0k w dH@K” )  :

  • Jika lupa password, klik disini untuk reset password.
  • Jika anda merasa di hack namun masih dapat mengakses account, klik disini untuk recover.
  • Jika email yang biasa anda gunakan di remove oleh hacker sehingga anda tidak bisa login, klik disini untuk recover.
  • Jika email yang biasa anda gunakan diambil alih sehingga anda tidak dapat login, klik disini