Dalam perjalanan saya kemarin ke mesir, saya bertemu salah satu saudara saya yang menceritakan kisahnya yang bisa kita petik hikmahnya mengenai betapa pentingnya niat awal. Beberapa tahun yang lalu dia berencana untuk membeli rumah namun sangat disayangkan dia tertipu dan kehilangan banyak uang hasil jerih payahnya selama belasan tahun. Kisah ini dia ceritakan Hampir dengan semua orang yang dia temui. Satu pertanyaan dalam benak dan kisahnya ini, yaitu kenapa ini bisa terjadi kepadanya.
Hingga suatu hari, ketika iya menceritakan kisah dan pertanyaannya ini. Ada seseorang yang bertanya, “apakah kamu sudah membaca bismillah ketika kamu membeli rumah tersebut”. Jawabnya “saya tidak yakin namun sepertinya tidak”. Orang tersebut lalu berkata “lalu apa lagi yang kamu harapkan?”.

Kisah ini adalah kisah nyata dan sangat dalam sekali maknanya. Betul sekali, apa yang kita harapkan jika niatnya saja tidak ada dan salah, bagaimana kita mau diberkati Allah dan dilindungi jika niatnya saja bukan untuknya.

Untuk semua orang yang tersesat, bertanyalah sehingga kamu diberi petunjuk.
Untuk semua orang yang hilang arah, luruskanlah kembali niatmu agar Allah menerangi jalanmu.