En/Narrated by Abu Huraira,
That Allah’s Apostle(pbuh) has said:

“Satan puts three knots at the back of the head of any of you if he is asleep. On every knot he reads and exhales the following words, ‘The night is long, so stay asleep.’
When one wakes up and remembers Allah, one knot is undone,
and when one performs ablution, the second knot is undone,
and when one prays the third knot is undone and one gets up energetic with a good heart in the morning;
Otherwise one gets up lazy and with a mischievous heart.”

Id/Diriwayatkan oleh Abu Huraira,
Rasulillah SAW telah bersabda:

“Apabila salah seorang dari kamu tidur, syaitan akan mengikatnya dengan 3 ikatan seraya berkata ‘bagimu malam yang panjang maka tidurlah’.
(ketiga-tiga ikatan tersebut menjadikan dia terlelap dalam tidurnya sepanjang malam). Akan tetapi apabila dia terjaga kemudian dia menyebut nama Allah, maka terpisahlah ikatan pertama.
Kemudian apabila dia berwudhu , maka terlepas ikatan kedua, dan akhirnya jika dia melakukan solat (subuh), maka terlepaslah ketiga-tiga ikatan.
Pada pagi itu harinya penuh bersemangat. Akan tetapi jika dia tidur sehingga subuh, maka pada pagi harinya jiwanya akan kotor dan menjadikan dirinya malas.”

Sahih Bukhari 2.243

Selama ini terus terang saya masih jarang solat subuh tepat waktu, terkadang jam 5, jam 6 dan sering pula tepat waktu(bukan pembelaan). Sempat suatu hari saya membaca sebuah hadis mengenai apa yang setan lakukan pada waktu solat fajr(subuh). Saya menjadi berfikir karena pada akhir hadis menyatakan jika solat fajr tepat waktu maka hari ini kita akan menjadi bersemangat, jika tidak maka akan malas. Well sangat menarik karena memang saya merasakan hari-hari dimana saya bangun telat itu biasanya ya jadi malas sepanjang hari. Lalu bagaimana dengan solat Fajr tepat waktu ? apa betul akan bersemangat ? Sampai saya coba beberapa kali dan ternyata memang benar, hari itu penuh semangat dan gairah. Tidak hanya itu saja, tapi hidup pada hari itu menjadi berkah dan produktif. Sangat berbeda dengan hari dimana saya terlambat solat Fajr.

Kalau kamu mau kreatif, produktif, semangat dan hidup berkah, silahkan buktikan sendiri dengan solat Fajr tepat waktu(bagi laki-laki di Masjid ya)!.

Pandangan saya berubah mengenai solat Fajr tepat waktu, bukan sebagai suatu kewajiban, tapi sebagai suatu kebutuhan.

Semoga kita semua diberi Hidayah