Selasa, tepatnya 4 Oktober yang lalu saya mengisi acara seminar yang bertopik Webinar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tapi tunggu dulu, bagi yang kenal dan tahu saya, pasti merasa aneh karena saya mengisi acara seminar di Fakultas Ekonomi. Sebagai Adobe User Group Leader(AUGI) saya biasa mengisi acara seminar seputar teknologi Adobe dan biasanya di Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik Informatika, jadi ya jarang-jarang dan ganjil aja ngisi di Fakultas Ekonomi :D.

Tapi jujur saya salut dengan para mahasiswa Universitas Indonesia khususnya fakultas ekonomi yang tanggap dengan perubahan saat itu terutama dunia digital. Di Indonesia dan beberapa negara lainnya, banyak sekali waktu dihabiskan untuk melakukan pertemuan, seminar, meeting, dan kegiatan lainnya. Coba bayangkan jika kita harus bertemu client yang berada di luar negeri, berapa biaya perjalanan yang dihabiskan ? Belum lagi resiko kesehatan dan nyawa selama perjalanan(kecelakaan dan sakit misalnya). Padahal semuanya itu bisa dilakukan secara online menggunakan e-conferencing.

Namun saya setuju bahwa tidak semuanya bisa lebih tepatnya enak/asik dilakukan secara online, salah satu contohnya adalah kencan/dating. Gak asik kali yah kencan online :D, tapi ya kira-kira begitu lah, bagi sebagian orang yang gugup depan wanita atau long distance, kencan online merupakan alternatif yang amat baik. Aduh maaf saya jadi keluar topik yang dibicarakan -_-!.

OK kembali ke topik utama, Saat ini kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi biaya perjalanan, misalnya untuk seminar, meeting, dan sebagainya. Beberapa tahun yang lalu saya mengisi acara seminar di Jogja dengan jumlah peserta 300 kurang lebih, namun hal yang cukup menarik adalah total panitia ada sekitar 35(kebanyakan kan ya ?). belum lagi jika dihitung biasa perjalanan saya ke jogja(tiket pesawat, penginapan, dll). Padahal bisa saja seminarnya jadi online, atau disebut Webinar.

Jika para pembaca budiman adalah seorang Freelance pasti sudah biasa dengan e-conferencing. Coba bayangkan dapat project dengan angka 4 juta misalnya untuk 1 minggu, ketemu client anggaplah 2 kali. 2 kali pertemuan itu kan sudah keluar cost tentunya, belum lagi waktu yang terbuang, pulang lelah malah jadi tidur bukan kerja.

Saya percaya e-conferencing adalah solusi yang bagus jika diterapkan, terutama untuk para pejabat di negara kita, mau tau kenapa ? karena anggota DPR ‘saja’ mengeluarkan 151 Milyar pertahun untuk anggaran ‘pulsa'(belum lagi alesan kalau ada sedot pulsa jadi minta tambah). Itu baru pulsa loch, belum termasuk bensin, mobil, pesawat, penginapan, listrik, internet, air, dan lain-lain. Padahal jika mereka menggunakan e-conferencing, semua biaya itu bisa di pangkas(Selebihnya saya tidak akan komentar banyak).

Ok kembali ke seminar ini, jika anda bertanya pernahkan saya melakukan webinar/e-conferencing ? Ya, saya join meeting/webinar hampir beberapa kali seminggu dengan teman-teman Adobe di US/APAC dan sudah beberapa kali menyelenggarakan seminar online untuk target peserta Indonesia. Saya sadar banyak sekali teman-teman yang sulit untuk berkumpul di tempat dan waktu yang sama, sehingga saya beberapa kali menyelenggarakan Webinar. Alhamdulillah cuma/baru satu kali gagal karena listri padam(sumpah gak lucu, speechless banget ditengah-tengah seminar listrik padam). Selain itu dulu saya juga pernah mengembangkan sistem video conferencing buatan saya sendiri untuk mabes angkatan laut republik indonesia.

Banyak kegiatan dan meeting dengan teman-teman di Adobe US maupun APAC yang saya lakukan over internet dan hasilnya cukup bagus tanpa buang-buang waktu dan biaya travel :).

Berikut saya attach slide presentasi saya

Kapan-kapan kita bahas lebih dalam mengenai e-conferencing ini, atau bisa menghubungi saya di 081808497749 jika anda perusahaan dan membutuhkan jasa konsultasi mengenai solusi dan produk e-conferencing. Saya jamin perusahaan anda akan bisa menghemat banyak uang :).
Paket konsultasi yang saya tawarkan adalah berupa pemahaman dari e-conferencing, bagaimana melakukan e-conferencing sehingga sukses serta hingga anda bisa menghemat uang tentunya.
Owh iya ini foto-foto seminar kemarin :

Seperti biasa saya menjanjikan artikel khusus mengenai webinar yang lebih detail, So nantikan di blog ini ya…